disuduthari header

Anti Ribet! Cara Memasang Google Analytics di Website  

3 komentar

Cara Memasang Google Analytics di Website




Ada yang lagi kepo abis sama cara memasang google analytics di website? Kalau ada, mungkin pernah nemu ya, cara memasang google analytics di website yang ber...tele-tele.

Tak jarang, bikin mata beralih pandang. Bahkan kadang, bola mata ikut muter-muter dari kiri ke atas terus ke kanan, atau dari kanan ke atas lalu berakhir di kiri, hehe.

Tak mau keadaan barusan berkepanjangan, kali ini kubuat rangkuman cara memasang google analytics di website. Cara-cara ini kurangkum langsung dari materi bonus Blogspedia Coaching.

Aku sendiri, belum begitu akrab sama dia. Tapi, dengan adanya rangkuman ini kuharap bisa menambah kedekatan kita dengan si Ge A.

Yap, G-A, alias Google Analytics! Apa itu Google Analytics, apa itu GA-UA, apa itu GA4, gimana cara pasang Google Analytics di website / blog kita?

Sssssttttt... jawaban dari pertanyaan-pertanyaan barusan, aku spill di bawah. Tengok bareng, boleh ya~

Google Analytics adalah







Hu’um, Wikipedia bilang kalau si GA ini adalah layanan dari Google tanpa pungutan biaya, alias GRATIS. Ingat ya, kata GRATIS dimaksudkan untuk pemasangan dan penggunaannya, kalau untuk aksesnya, ya tetep butuh suntikan kuota atau wifi yang tersedia, hehehe.

Si GA punya tugas melayani para mitra Google dalam hal mengumpulkan data pengunjung situs web dan menampilkannya ke pemilik web dalam format tertentu. Format pertamanya ialah GA-UA, sementara format terbarunya ialah GA4.
 
Ada bocoran sedikit, katanya GA-UA sejauh ini masih punya peran besar. Terutama dalam hal ceki-ceki info yang diminta klien.

Aku sih nggak heran dengan fenomena ini, wong GA-UA sudah digunakan cukup lama. Yang tentu saja, membuat doi famous di banyak mata.

Dua Versi GA



Nah, kalau gitu, Google Analytics punya dua macam dong? Sekarang GA punya dua versi ya? Cara pasangnya gimana tuh? 


1.    GA-UA (Google Analytics – Universal Analytics) : Versi Awal

Dari apa yang kupahami, kurang lebih GA-UA ini menghadirkan banyak tools yang bermanfaat untuk Blogger dan dunia Blogging. Kamu bisa intip sendiri setelah pasang, atau kalau nggak tahan Blogspedia ngasih kamu lihat tools GA di postingannya.

2.    GA4 : Google Analytics Versi Baru

Secara singkat, GA4 ini punya misi menyempurnakan versi GA sebelumnya. Salah satu yang paling menarik perhatian ialah cakupan kinerjanya yang meningkat.

Kalau di GA-UA kita hanya bisa memantau situs web, sementara di GA4 kita bisa memantau situs web dan aplikasi secara bersamaan.
 
Rasanya, dicukupkan perkenalan singkat kita sama Google Analytis dan kedua versinya. Jika ia penting bagimu, pasang GA-UA dan GA4 sekarang juga!

Rangkuman Cara Memasang Google Analytics di Website


Cara Memasang Google Analytics - UA

  1. Masukan URL https://analytics.google.com/ > Klik kolom “Mulai Mengukur”
  2. Login menggunakan akun Gmail
  3. Buat Akun > Isi kolom “Nama Akun Baru Saya” > Centang/kosongkan kotak kecil di bawah (berisi tawaran layanan kirim informasi GA via Gmail) > Klik “Berikutnya”
  4. Pilih jenis property > Pilih “Web.” Klik “Berikutnya”
  5. Buat property > Isi kolom “Nama Situs,” “URL Situs,” * **
  6. *) Hati-hati dalam mensetting http/https. Karena kalau salah, akibatnya bisa tidak terlacak informasi situs/blog kita.
  7. **) Kalau settingan non-www sudah aktif boleh tidak pakai www sebelum nama domain.
  8. Kolom “Kategori Industri”silakan diisi yang paling sesuai. Di kolom “Zona Waktu Pelaporan” > Pilih “Indonesia” dan “Waktu Default Jakarta”
  9. Tunggu pop up window yang isinya persetujuan dan persyaratan > Pahami > Centang kotak biru kecil > Klik “Saya Menyetujui.”
  10. GA – UA sudah terpasang! BUT, agar dapat digunakan maksimal, kita OTOMATIS diarahkan ke tracking ID/ID pelacakan. (Perhatikan dan simpan kode tersebut, untuk yang di bawah)
  11. Pasang web property ID ke dashboard Blogger
  12. Untuk pemakai dashbord lama : Masuk ke “Setting” > Masuk ke “Google Analytics Property” > Kolomnya diisi kode yang ada di halaman tracking ID sebelumnya.
  13. Untuk pemakai dashboard baru :  Masuk ke “Setting” > Cari pada bagian basic > Klik “Google Analytics” > Masukkan kode tracking ID di kolom yang disediakan.
  14. SARAN : (Supaya bisa dilacak dengan lebih sempurna) copy kode tracking ID > Paste ke bagian edit HTML > Letaknya di bawah “<head>
  15. SELAMAT! GA-UA kamu sudah terpasang. Selamat mencoba fitur-fitur di dalamnya~

Cara Memasang Google Analytics - 4 

Tak jauh berbeda dengan pemasangan GA-UA, begini cara pemasangannya.
  1. Akses URL https://analytics.google.com/
  2. Klik “Set Up for Free”
  3. Isi nama akun 
  4. Klik “Next”
  5. Pilih pasang (GA4 saja/GA4 + GA-UA)*
  6. *) Bagi yang sudah punya akun GA-UA hubungkan GA-UA ke GA4
Untuk teknik pemasangan GA4, GA4 + GA-UA, dan menghungkan GA-UA ke GA4, Blogspedia menjabarkan secara detail, lho. Mari dipraktikkan sama-sama~

News Info!!

Pak Sugianto, coach tamu BC #3, menghimbau di WAGroup bahwa: GA-UA hanya akan aktif sampai Juli 2023. Walau begitu, Coach Marita tetap menyarankan memasang Google Analytics – UA di website.

Baiklah, itu dia sepenggal obrolan kita tentang cara memasang Google Analytics di website. Rangkuman cara memasang Google Analytics di Website barusan, dibuat khusus buat kamu, aku, dan seluruh barisan anti ribet-ribet club! 

The last, demikian ulasan disuduthari - karena tiap rasa berhak ada, tiap orang berhak bahagia~
Maria Ulfah
Maria Ulfah ialah penulis media dengan sentuhan rasa. Disuduthari.com merupakan salah satu ruang ekspresinya.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

3 komentar

  1. Berasa ada yg beda sama blognya mba hehe ganti warna jadi ungu ya sama ubah foto😅 penjelasannya singkat dan jelas mbak aku jdi paham yg tadinya masih ngawang² 😂 oke deh aku pasang GA-UA duluuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah langsung engeh, ya, hehe. 😁 Terima kasih, mbak. Intinya tutorial lengkap yang pakai SS kurekomendasikan tetap di Blogspedia~ Di atas hanya listnya saja.

      Oke, gass!

      Hapus
  2. Wah Iyaa bener warna dan nuansanya baru mbak.. simple dan jelas mbak artikelnya🥰

    BalasHapus

Posting Komentar