Resume Materi Blogspedia Coaching Tentang Google News

Posting Komentar


Materi Blogspedia Coaching tentang Google News

Pada Rabu, 2 November 2022 kuputuskan tuk mengakhiri hubungan kita*eh tidak-tidak wkwk. Biar kuulang… Pada Rabu, 2 November 2022 kuputuskan tuk membuat resume materi Blogspedia Coaching tentang Google News.

Yap, Google News atau Google Berita yang merupakan sebuah layanan dari Google yang memuat berita dari berbagai media secara otomatis, dengan cara kerja yang tak jauh beda dari Google Search yakni memasukan kata kunci pada kolom yang tersedia, akan menjadi buah bibir kita kali ini.

Pemirsa, perkenankan aku tuk menyuguhkan suguhan sederhana berupa resume materi dari Coach Marita tentang Google News dari sisi pendaftaran, hingga sharing session di belakang.

Karena kalau boleh jujur, materi ini sudah ada dari berminggu-minggu yang lalu, draft tulisan sebelumnya sudah jadi setengah, tetapi apa mau dikata celakanya draft tersebut tak tahu rimbanya, alias hilang dari peredaran, entah terhapus atau tak tersimpan.

But, ya sudahlah, hikmahnya, bisa kumulai tulisan kembali dengan sudut pandang berbeda, lebih fresh, dan lebih lekat di hati pencerita hehe. Okay, pertama mari kita masuk pada resume yang kumaksud!

Begini Resume Materi Blogspedia Coaching Tentang Google News !


Singkatnya, cara mendaftar Google News untuk platform Blogspot ialah sebagai berikut:

  • Silakan masuk terlebih dahulu ke Google Analytic – pilih bagian admin – property – info pelacakan – copy paste kode pelacakan – simpan kode di notepad.
  • Silakan menyiapkan gambar (logo blog) format PNG, bentuk square, ukuran 512x512 dan ukuran 200x200.
  • Masuklah ke Google News – buat akun.
  • Daftar Google News menggunakan email yang sama dengan yang digunakan saat mendaftar GSC
  • Pilih bagian add publication – Publication Name diisi nama blog – Primary Website Property diisi url blog – Location dengan negara kita – Ceklis checkbox – klik add publication.

Untuk step selanjutnya kamu bisa akses di sini, ya. 

(Bukan apa-apa, di sana dibubuhkan SS demi SS sehingga menurutku, bisa lebih memudahkan proses pendafatarannya. Namun sebagai catatan, dari pengalamanku kemarin, beberapa stepnya ada yang sudah diubah, tapi tidak banyak, asal diisi saat fokus dan dibarengi bismillah insyaa allah berhasil jua pada akhirnya).

Selanjutnya, kita ke bagian sharing session ya…

Sharing Session

Sharing Session : Bagaimana Rasanya Sebelum, Saat, dan Setelah Mendaftarkan Blog di Google News?

Sebelum

Sebelum memasang Google News awalnya aku tak merasa ada yang salah dengan blogku. Hehe, biasa, newbie masih tolah toleh lah, ya.

Mindsetku berubah tatkala Coach Marita menshare materi bonus ketiga tentang Google News. Konon, Google News mengefisienkan waktu untuk postingan blog terdeteksi oleh Google. (Ada fungsi tersembunyi layaknya inspect url via GSC).

Tentu saja tak kulewatkan kesempatan ini. Langsung kudaftarkan blog disuduthari ke sana. Yang membuat sedikit malas ialah printilan-printilannya. Step-step yang harus dilewati dengan teliti. Hehe, maklum tak cocok buat yang maunya instan-instan aja.

Ya, sebagaimana perang batin yang sudah terjadi lebih dari satu dasawarsa, maju mundur saat mau daftar. Because ya begitu, daftarnya harus di waktu yang leluasa dan dengan fokus yang nyata, uuuu.

Saat

Nah, masuklah ke fase pendaftaran. Yang kulakukan tentu melihat dan mengamati langkah-langkahnya di artikel Coach Blogspedia Coaching. Pada mulanya kusimpan dulu untuk dipraktikkan nanti, setelah cukup lama diendapkan terdorong lah untuk segera daftar.

Tak terlalu mulus prosesnya. Sebab, ada beberapa perubahan yang terjadi di beranda Google News. But, beruntungnya ketika ada kendala banyak yang membantu di grup BC 3. 

Bantuannya dari mulai penyelesaian tentang step tertentu, hingga yang menenangkan kalbu, hehehe. So, alhasil meski harus rela menunggu beberapa waktu di step-step akhir terdaftar juga! 

Setelah

Setelah memasang Google News tentu lansung kuuji dong fitur yang digadang-gadangkannya. Yap, aku masuk ke Google Search dan langsung mencari artikel trbaru yang kuposting tanpa inspect url ke GSC.

Bagaimana hasilnya? Hasilnya sungguh tidak mengecewakan! Artikel yang bahkan baru saja diposting sudah bisa diakses di mesin pencari. Artinya sudah terindeks oleh Google.

Jadi, gak usah repot-repot lagi deh  buka GSC dan isi kolom inspect url secara manual. Belum lagi kalau ada eror-eror. Uuuu, mengefisienkan, ya.

Kesimpulan

Kesimpulan

Pemirsa, pada intinya Google News membantu kerja para blogger dalam hal indeks postingan di Google. Bukankah kita ingin tulisan yang kita muat diakses orang banyak? Nah, Google News membantu hal ini dengan cukup signifikan.

Mari langsung cari panduan cara pendaftarannya yang paling kamu mengerti. Praktikkan dengan penuh kehati-hatian dan sepenuh hati. Ingat, bahwa hal semacam ini satu di antara sekian banyak tool yang harus dikuasai oleh seorang Blogger.

Penutup 

Syukur Alhamdulillah kita sudah masuk ke bagian penutup. Yang paling lega kali ini ialah aku sendiri, hehe. Bagaimana tidak? Tugas dari materi bonus  yang terakhir dapat kutuntaskan. Tinggal selangkah lagi menuju WAG Cupuers.

PRnya tinggal tanam-tanam link. Juur, aku kurang bersemangat dengan aktiitas yang satu ini. Masuk situs, isi, isi, isi, dan begitu lagi. Belum lagi kalau bertemu dengan yang bilang bahwa penuhlah, lalu sudah tidak bisa diakses, hingga dibilang email yang kumasukkan sudha terdaftar.

Terhenti aku sementara kala hal semacam itu tiba. Oh ya, kumulai menulis postingan ini di 2 November 2022 dan sekarang sudah 22 November 2022. Mungkin tanggal postingnya akan lebih dari ini, hehe.

So, terima kasih banyak sudah hadir menemaniku dan semoga resume materi blogspedia coaching tentang google news ini menambah pemahaman akan penerapannya dalam blog seperti apa. Salam~


ultraulfa
Mencomblangi kamu berjumpa dengan diri idealmu~

Related Posts

Posting Komentar