disuduthari header

Materi Ketiga Blogspedia Coaching

Posting Komentar

Hai, hai Sobat Pembelajar!

Kembali lagi untuk melanjutkan materi ketiga Blogspedia Coaching. Materi pertama sudah, materi kedua sudah. Sudah dipahami 100% belum? Tak apa. Step by step aja. 


Materi Ketiga Blogspedia Coaching: Membuat Blog di Blogspot dan Berkenalan dengan Dashboard


Membuat Blog di Blogspot

Di kelas ini, serunya kita nggak dihadapkan dengan kata-kata yang bikin puyeng lho. Iya, diksi yang dipakai sama Coach renyah banget. Selalu bisa membuat kita tersenyum, merasa positif, dan opsimis. Mana contohnya? Lihat deh SS di bawah.


Materi Ketiga Blogspedia Coaching Tentang Membuat Blog
SS Pdf Materi Ketiga Blogspedia Coaching 


Yaps. Cara mudah membuat blog di Blogspot. 'Cara mudah' membuat sesuatu yang menurut kita rumit (karena belum pernah praktik) membuat semuanya mungkin. Bahu serasa ringan. Langkah terasa mudah. Pandangan mengarah ke depan. Seberefek itu kata yang dipakai.


Eits. Kok jadi ngebahas kata 'mudah' wkwk. Yuk kita simak aja tiga tahap membuat blog di Blogspot, yaitu tahap persiapan, tahap pembuatan, dan tahap editing awal.


1. Tahap persiapan

Sebelum benar-benar nyemplung bikin blog, kita harus punya bekal dulu dong. Apa saja bekalnya?


• Sepiring akun gmail lengkap dengan passwordnya

Nah, yang belum punya cuss bikin dulu. Kalau udah punya, ingat-ingat passwordnya. Kalau ada masalah sama akunnya, jangan lupa selesaikan dulu. Ini kan bekal utama membuat blog lho.


• Sekotak judul

Hihi kita lihat di mana judul blog? Kita bisa lihat di bagian atas tampilan blog. Kalau di blog ini, kecil ya wkwk. Kebaca gak? Hehe tar diedit lagi deh, untuk di titik awal alhamdulillah udah ada juga hehe.


• Segenggam tagline

Contoh tagline gimana? Tell about this and that, tongkrongan blogger cupu, menuju versi terbaik kita - tanpa menafikan rasa, dlsb. Intinya tagline ini, pernyataan yang menguatkan isi blog kita. Harus bikin yang kamu banget yaa.


• Sebuah logo

Ternyata logo gak berlaku cuman buat organisasi atau komunitas aja lho. Tapi juga bikin blog. Sebuah logo pun syarat akan makna. Jadi identitas pemiliknya di samping sebagai infografis.


• Sejumput meta deskripsi

Nah, udah pada diisi belum? Masih direvisi apa sudah nemu yang klop? Hehe semua bagian dari perjalanan. Nikmati dulu dan terus melihat sekeliling.


• Selembar header image

Nah, yang sobat pembelajar lihat di atas blog ini adalah header image. Sayang, masih kecil dia. Maksudnya yang buat belum ngerti supaya jadi jelas gitu. Maafkan ya hihi. Insyaa Allah diperbaiki yaa ke depannya. Do'akan semoga lancar sampai hari H (eh) kaya apaan aja wkwk.


Materi Ketiga Blogspedia Coaching Tentang Membuat Blog
SS Pdf Materi Ketiga Blogspedia Coaching


2. Tahap pembuatan

•Masuk  ke blogger.com

Setelah masuk ke laman blogger, klik creat blog.


•Masuk dengan akun gmail 

Masukkan akun gmail dan password.


• Isi judul blog

Isi judul blog. Pilih kata atau frase yang unik, menarik, mudah diingat. Panjang 20-70 karakter. Jangan terlalu panjang/pendek.


• Isi URL blog

Isi url/alamat blog yang kita inginkan. Jika tidak tersedia, terus isi sampai menemukan alamat yang tersedia.


• Isi display name

Isi nama yang akan tertea menjadi admin/ author di blog. Klik Finish.


• Voila

Yeay, blog udah jadi semudah itu!


3. Tahap editing awal

• Isi tagline

Masuk ke dashboard di bagian setting, cari di bawah judul, isi deskripsi tagline blog kita.


• Unggah logo/ favicon blog

Cari tulisan favicon di setting/ pengaturan, lalu klik. Unggah gambar berbentuk square dengan ukuran kurang dari 100 kb.


• Cek HTTPS

Pastikan settingan HTTPS sudah aktif.


• Atur komentar

Pilih setingan komentar embedded/ tersemat, izinkan anyone/ semua orang bisa berkomentar. Dan bisa tambahkan comment from massage.


• Atur timezone

Pastikan timezone sudah sesuai dengan wilayah Indonesia tempat kita tinggal.


• Meta deskripsi

Aktifkan meta deskripsi lalu isi kata kunci blogmu dengan panjang maksimal 150 karakter.


• User profile

Atur profile bloggermu agar lebih lengkap dan menarik.


• Pilih template

Masuk ke bagia tema/theme dan pilih tema yang kita sukai.


• Ganti header image

Untuk mempercantik blog kita, ganti judul dan tagline dengan header. Karena di dalam header dimasukkan 2 unsur tersebut. Ditambah lagi sisi visual yang ada menjadi magic tersediri tentunya.


Berkenalan dengan Dashboard

Kalau tadi tahap membuat blog dan edit-edit awal, maka saatnya ngisi blog doong. Di mana kita buat postingan? Tentunya di salah satu tool di bawah ini. 


Eh iya, bahasa Coach, dashboard tu ruang kerjanya blogger. Hehe mantul ya? Yuk kenalan!


Materi Ketiga Blogspedia Coaching Tentang Berkenalan dengan Dashboard
SS Pdf Materi Ketiga Blogspedia Coaching


1. POST/postingan

Di menu ini kita bisa menambahkan postingan baru, mengedit postingan baru.


2. Stats/statistika

Di menu ini kita bisa melihat berapa banyak pengunjung yang mampir ke blog, artikel yang banyak dikunjungi, dsb.


3. Comments/komentar

Kita bisa membaca komentar dari pengunjung yang masuk, moderasi dan menghapus komentar yang nggak layak tayang.


4. Earnings/pendapatan

Menu ini tidak selalu nampai di beberapa blog baru. Berkaitan dengan akun adsense.


5. Pages/laman/halaman

Gunanya untuk menambah, mengedit, atau menghapus laman.


6. Layout/tata letak

Tempat di mana kita bisa mengatur tampilan blog, menambah header image, menambah page, dan mengatur gadget. 


7. Theme/tema

2 untuk memilih dab mengganti tema blog. Untuk mengatur warna, font, dll, klik customisasi. Bksa juga edit lewat HTML bagi yang paham kode.


8. Setting/pengaturan

Menu pengaturan terkait hal-hal yang penting di blog. Dari judul sampai profile pengguna blog.


9. Reading list/daftar bacaan

Untuk mengikuti blog lain dan membaca postingan terbaru dari blog yang kita follow.


Itulah 9 tool di meja kerja kita. Wajib tahu masing-masing fungsinya yaa. Eh sampai di sini, baru kenalan doang. Mari lanjut pdkt-an, terus kencan hehe. Iya, sama blog kita. Jadiin sahabat juga boleh. Suka-suka deh, asal jangan diabaikan, sakiiit wkwk.

***

Saat proses membuat blog kebanyakan lurus-lurus aja, tapi saat perkenalan dengan dashboard lumayan tersendat-sendat hehe. Sedikit cerita, saat penjelasan materi di WAG Blogspedia Coaching, belum seluruh materi dipaparkan eh banyak banget pertanyaan bermunculan. Intensitas chat bahkan pernah di titik puncak bak hujan deras hihi.


Tapi, keadaan itu tetap bisa teratasi kok. Coach Blogspedia Coaching for Newbie, Kak Marita Ningtyas, menjawab pertanyaan kami satu per satu dengan detail. Bahkan aku sendiri gak abis pikir hampir tak ada typo di sepanjang menjawab pertanyaan. Sungguh, jam terbang nggak bisa dibohongin.


Oh iya, tugas ke tiga pun nggak main-main, kita diberi mandat untuk langsung membuat blog dan mengedit blog sesuai dengan rencana blog impian masing-masing. Yaps, blog impian yang menjadi tugas kedua. Hmm, dari keempat materi dan tugas yang sudah berjalan, bisa dipastikan bahwa setiap materi yang satu dengan lainnya sangat-sangat berhubungan. Begitupun tugasnya.


Jadi, masuk akal dong kalau yang nggak ngerjain tugas ganjarannya di kick dari kegiatan coaching. Wong kalau tugas sebelumnya gak rampung, otomatis kita gelagapan ke depannya. Hehe banyak-banyak bersyukur peserta yang maaih bertahan. Semoga tetap bisa mengamankan posisi hingga akhir. Aamiin.


Eh eh, jadi ingat pernyataan horor. Katanya, di akhir kelulusan kemungkinanan hanya 10 ke bawah yang masih bertahan. Hoalah, sobat pembelajar bisa nebak gak kenapa? Hihi, kalau baca persyaratan dan form di pendaftarana ada poin menggelitik yang intinya: "Siap begadang demi tugas?" Jawabannya ada siap aja, ada siap banget, sama apa ya satu lagi lupa hehe. Pokonya itu. Aku sih, jawab yang siap aja yaa. Sadar diri, walau bisa begadang tapi nggak setiap diinginkan bisa terwujud hm hm.


Selain itu ada pertanyaan yang intinya: "jika tidak mengerjakan tugas, siap di kick dari coaching?" Jawabannya siap aja, siap banget, dan satu lagi. Aku jawab apa coba? Aku jawab siap banget yaa ampuun heheu. 


Iya, karena aku lihat dulu rule kegiatan coaching ini. Salah satunya kalau nggak ngerjain tugas kita harus siap out dari kegiatan menantang ini. But, kalo sekarang ditanya gitu, pasti gak mau ditendang atuh sayang banget. Eh eh, tapi semuanya hukum sebab akibat sih. Kalau kita gak mau fitendang tapi kita nggak ngerjain tugas sama aja menyerahkan diri untuk ditendang kapanpun. Betul?


Nah maka dari itu, aku lari ni menuntaskan tugas resume karena apa? Karena nggak mau nyerahin diri dan sayang sama langkah yang udah sampai sini. Huft, walau beberapa kali masih mepet deadline tapi gak patah semangat. Obrak abrik managemen waktunya dongs hehe. Sobat Pembelajar, kok aku jadi corcol yaa deuuuh (miyane).


Kalau gitu, kita akhiri dulu materi ketiga blogspedia coaching tentang Membuat Blog di Blogspot dan Berkenalan dengan Dashboard. Dengan adanya ini, semoga bisa memahami materinya dengan lebih baik lagi.


Terakhir, sampai ketemu di pertemuan selanjutnya~



Maria Ulfah
Seorang partner belajar dan bloger. Sangat menyukai psikologi, motivasi, & pengembangan diri, juga sering bergelut dengan hati. Baru-baru ini menjadi kontributor antologi cerpen "Mengeja Patah, Merangkai Hati."

Related Posts

Posting Komentar