disuduthari header

Materi Kedua Blogspedia Coaching

Posting Komentar
Materi Kedua Blogspedia Coaching Tentang Platform, Niche, dan Mengenal Istilah Blogging
SS pdf Materi Kedua Blogspedia Coaching


Hai, Sobat Pembelajar!

Kali ini kulanjutkan materi kedua Blogspedia Coaching yaa. Setelah di materi pertama membahas The Big Why dan Adab Blagwalking, inilah materi kedua.


Materi Kedua Blogspedia Coaching: Platform, Niche, dan Mengenal Istilah Blogging


1. Platform

Banyak yang kepo platform terbaik buat ngeblog itu apa termasuk aku hehehe. Nah, di materi kedua ini ada satu petikan yang mampu menjawab kegusaran. Ini dia!


Platform yang paling baik adalah yang paling nyaman buat diri kita - Coach Blogspedia Coaching


Tuh, yang paling nyaman. Sekali lagi, yang paling nyaman (uhuk). Jangankan memilih platform, di kehidupan sehari-hari aja tanpa disadari kita lebih sering berinteraksi dengan yang mrmbuat kita nyaman lho. Bahkan, ada yang terjebak rasa nyaman padahal hanya teman ahahahah. Eh bukan aku ya wkwk.


Semua yang di dunia ada plus minusnya, tak terkecuali platform untuk ngeblog. Nah, yang aku pakai saat ini tentu blogspot yaa.


Kelebihan platform blogspot

Blogspot memang platform ngeblog paling ekonomis. Kalau mau ditingkatkan menjadi blogger profesional modalnya gak bikin kantong nangis hehe.


Eh, apa ciri blogger profesional? Salah satu cirinya dilihat dari domainnya. Apakah sudah top level domain (ujungnya url nya .com, .my.id, dll) atau masih nebeng di blogspot (ujung url nya .blogspot.com) Bisa tebak aku profesional atau belum? 


Kekurangan platform blogspot

• Template

Template bawaan blogspot terbatas, nggak banyak yang menarik. Kalau mau tambah cantik harus belajar menata diri (eh) menata tampilan atau gunakan template dari pihak ketiga.


Hihi aku dulunya memang nggak ngerti gini-ginian. Langsung rekomendasi template dari pihak ketiga. Heuleuh ada bagusnya ada puyengnya. Wong belum tahu apa-apa. Tapi, sedikit demi sedikit mulai ngerti, kalau kita rajin otak-atik. Katanya, saat edit tampilan gak boleh takut salah. But, tetap hati-hati yaa.


• Tidak ada plugin SEO

Parameter SEO cukup banyak. Pengguna wordpress self hosted terbantu dengan adanya bebepara plugin SEO. Namun di blogspot nggak disediakan fasilitas ini. Ets, jangan berkecil hati. Dengan tahu ini, sebagai blogger kita harus mengasah slill SEO dengan lebih baik. Siap berakit-rakit dahulu, berenang-renang kemudian?


2. Niche

Sebelum ikut Blogspedia Coaching, aku sering banget dengar orang nyebut-nyebut niche. Eheheh melongo dong. Peribahasa sundanya "ngembang kadu."


Bersyukur banget di materi kedua ini dibahas niche, jadi kebingungan yang sempat berkuasa tumbang tiba-tiba.


Niche : topik blog


Ada dua jenis niche, yaitu:

1) Specific niche

Topik yang sudah spesifik. Tema dan postingan di blognya sudah sangat apik. Blog dengan niche ini biasanya lebih punya pembaca setia. Sebab telah pengerucutan pembahasan, dan pembidikkan pembaca (widiw). 


2) Lifestyle niche

Topik yang beragam. Banyak sekali tema yang diangkat dalam satu blog. Hal ini tentu memudahkan blogger untuk bisa menulis apapun. Namun, pembaca datang pergi semaunya. Wong pembahsaannya terlalu luas. Boleh jadi di saat mencari topik lain, yang muncul bukan blog kita hehe.


Tapi, bagi yang masih bingung saat memilih spesific nichenya, ini bisa jadi alternatif dong. Biarkan mengalir dan seiring berjalannya waktu kita dapat menilai sendiri topik apa yang sering diupdate, yang paling dikuasai, yang paling banyak pembaca hihi. Sebuah topik yang masuk kategori barusan merupakan cikal bakal spesific niche kita.


Dengan menentukan niche blog, sejatinya kita tengah memberikan ruh pada blog pada blog kita. Tentunya dengan beberapa step.


Step menentukan niche blog

• Buat judul, tagline, dan logo

• Pakai template yang selaras dengan judul, tagline, dan logo

• Pastikan kategori/label apa saja yang akan dipakai


Nah, ketiga step tersebut tentu cukup membuat pikiran kita melayang-melayang. Tapi tenang, masih ada jalan pulang hehe. 


3. Istilah-istilah Blogging

Di bawah ini istilah-istilah yang akan sering terdengar saat kita nyemplung di dunia blogging. Apa saja? Yuk cek satu-persatu!


Platform: jenis mesin blog, ada blogspot, wordpress, wix, dsb.

Template/ theme: Tema tampilan blog, bisa gunakan yang sudah disediakan blogspot, bisa juga gunakan yang disediakan pihak ketiga.

Niche: topik di dalam blog (penjelasan panjang kali lebar sudah di atas ya)

Meta deskripsi: penjelasan tentang kata kunci blog kita. Biasa muncul saat blog kita ada di mesin pencari. Meta deskripsi ini berlaku untuk blog dan masing-masing artikel yang ada di blog.


Dashboard: ruang kerja blogger. Di sini kita bisa buat & edit tulisan, melihat jumlah tayangan blog, membaca dan menghapus komentar, mengelola pengaturan terkait blog.

Layout: tata letak. Secara umum; ada header, body, sidebar dan footer.

Header: menampilkan judul blog

Body: menampilkan isi utama blog (artikel)

Sidebar; sisi samping, biasanya diisi dengan widget profile, arsip, popular post, dsb. -- ini bisa ada di 2 sisi, kiri dan kanan. Namun disarankan gunakan sidebar di sisi kanan, karena orang cenderung baca di sebelah kiri. Jadi yang kiri untuk body.

Footer: bagian paling bawah menampilkan copyright, dsb.


Widget/ gadget: aplikasi2 tambahan di blog; profile, popular post dsb.

URL: alamat blog, atau postingan. Diawali dengan http/ https, www

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, Dimana URL memiliki pengertian yaitu cara mengidentifikasi lokasi file di internet. Jadi dalam garis besar, URL adalah sebuah cara bagaimana kita menemukan sebuah lokasi file yang berada di internet, baik berupa situs, gambar, video, program perangkat lunak, ataupun jenis file lainnya yang di-host di server.

Domain: akhir url blog. - sub domain: nama yang kita pakai untuk blog.

Blogwalking: berkunjung ke blog lain untuk membaca artikel dengan atau tanpa meninggalkan komentar.


Monetisasi: Memaksimalkan blog sebagai sarana mendapat penghasilan; bisa lewat pasang adsense, menerima iklan banner, placement content, job review, dsb.

Google Analytics: fasilitas dari Google yang memudahkan kita untuk mengetahui jumlah penayangan blog, target pembaca, usia pembaca, artikel paling banyak dicari, dsb.

• Google Search Console: fasilitas dari Google yang memudahkan kita untuk melakukan indexing artikel blog. 

Domain Authority & Page Authority: penilaian blog dikeluarkan oleh Moz. 

Alexa: rank dari Amazon, untuk memperlihatkan traffic.

Domain Rating: sejenis kaya DA/ PA tapi dikeluarkan oleh Ahrefs

(DA/ PA, Alexa, DR -- Biasanya digunakan sebagai standar agensi/ klien untuk filterisasi pemberian job kepada blogger).


SEO: search engine optimization. Teknik ngeblog yang bertujuan agar blog kita lebih mudah masuk ke mesin pencari. Ada dua cara: on page dan off page. 

Content Planner: merencanakan jadwal ngeblog

Rate Card: ‘Pricelist’ kita sebagai blogger.

Backlink: link yang masuk ke sebuah situs atau web. 

(Ada 2 jenis; internal backlink dan external backlink. Internal backlink: link yang mengarah ke artikel lain di dalam blog kita. External backlink: link yang mengarah ke artikel/ blog luar).


Wah, banyak juga ya? Ini pun belum semua tentunya hehe. Di awal-awal, pasti agak mumet ni, tapi santai aja, sambil jalan lama-lama juga paham. Insyaa allah.


Sobat Pembelajar,

Masih stay gak ni? Awalnya materi kedua itu judulnya Kenalan dengan Beragam Niche Blog dan Istilah-istilah Blogging. Nah, kok barusan ditambah platform ya? Jawabannya karena tentu saja ada perubahan di materi yang diberikan. Menyesuaikan kebutuhan peserta juga. Wih, keren kan seorang coach? Melakukan observasi dulu sebelum apa-apa.


Oke deh, materi kedua di blogspedia coaching tentang Platform, Niche, dan Mengenal Istilah-istilah Blogging dicukupkan sampai di sini. Semoga bisa menjadi bahan pembalajaran buat kita. Bye bye


Referensi: 

- Pdf materi kedua Blogspedia Coaching

- WAG saat penjelasan materi kedua Blogspedia Coaching

Maria Ulfah
Seorang partner belajar dan bloger. Sangat menyukai psikologi, motivasi, & pengembangan diri, juga sering bergelut dengan hati. Baru-baru ini menjadi kontributor antologi cerpen "Mengeja Patah, Merangkai Hati."

Related Posts

Posting Komentar