disuduthari header

Apa Tujuan Kamu Ngeblog? Don't Skip Skip Club!

13 komentar

Beberapa waktu lalu, aku pernah dijejali pertanyaan horor oleh seseorang di grup WA "Blogger Sukabumi", kang Azwar namanya. Meski temanku memanggilnya dengan sapaan kang Ibrahim, kang Ibrahim Dutinov, sampai kang Ibrahim penulis bukan teroris (karena jargon yang konsisten ia pakai semenjak pertama kali bertemu di sebuah perpustakaan di kabupaten Sukabumi), entah mengapa diri ini lebih suka memanggilnya kang Azwar (gapapa ya kang? Hihi). By the way nama lengkapnya M. Azwar Ibrahim.


Saat berperan sebagai mimin (admin) grup tersebut, di tengah perbincangan kami dengan sebuah topik kala itu, sebelum kami lebih jauh berbicara tentang sesuatu yang tergolong baru bagi kami, tak tanggung-tanggung ia menyergap kami segrup dengan pertanyaan yang sangat penting sampai kukatakan di judul, bahwa ini don't skip skip clubartinya gak boleh diloncat atau dilewat begitu saja, saayaaang.... (hayooo jangan kemana-mana pikirannya ahahahahah).

"Apa tujuan kamu ngeblog?" 

Seketika waktu rasanya terhenti, seketika raga yang mulai lunglai akhirnya kembali menemukan amunisi. Disitulah kucabut sementara akses internet smartphone yang satu-satunya ini untuk fokus menjawab pertanyaan yang cukup menguji adrenalin.

Detik-detik mendebarkan, satu demi satu pertanyaan epic  itu kutanggalkan. Ya, pertanyaan horor tadi beranak pinak, namun tetap berkesinambungan.

Di titik "evaluasi 2/8/2020" (label yang kupakai di memo kesayanganku) tertulislah catatan di bawah ini.

[TUJUAN KAMU NGEBLOG]

"Kapan kenal blog?"

Sebetulnya udah lama, namun untuk bener-bener kenal blog itu ketika di perkuliahan.

Kenapa tertarik ngeblog?

Karena blog ini salah satu media yang cukup efektif untuk berbagi pemikiran, pengalaman, bahkan perasaan hihi. Dan kerasa banget buat ulfah pribadi kebanyakan kalo apa-apa seperti lihat tips dan lainnya yaaa dari artikel di internet, sementara artikel-artikel itu ada dalam suatu blog - website, jadi kenapa enggak kita juga ikut meramaikan dan berharap setiap pesan baik yang ada dalam tulisan kita bisa sedikit membantu orang lain.

 "Apa alasan bikin blog?"

1. Karena ini salah satu langkah untuk membuat hidup lebih hidup.
2. Karena seneng nulis - lebih nyaman ngungkapin perasaan lewat tulisan dan gak jarang tulisan yang mengandung unsur perasaan kita relate sama yang dirasain orang. Bagus juga buat meminimalisir stres dan tentunya membuat lega. Disisi lain, tulisan kita itu bisa jadi sesuatu yang luar biasa mendekatkan kita dengan orang yang kita sayang.
3. Ingin menyeimbangkan waktu yang Allah beri, seperti dalam buku Demi Waktu Use Your Time Effectively, di sana ada yang namanya "time to read, time to write, time to share, dll".
4. Karena mau konsisten belajar dan terus termotivasi.
5. Karena mau melangkah dalam zona keselamatan bareng-bareng.

"Apa tujuan nulis di blog?"

Pada intinya, tujuan nulis di blog memang seideal tadi. Hanya untuk saat ini, minimnya keterampilan tentang teknis blogging dan skill menulis menjadi momok besar buat ulfah pribadi. Juga, mood nulis sangat-sangat dipengaruhi kestabilan perasaan pribadi. Itulah alasan kenapa ketika ikut ODOP di awal-awal malah mundurin diri dan nyesel deh udahnya.

"Apa hambatan terbesar nulis di blog dan bagaimana mengatasinya?"

1. Teknis bloggingnya (Karena itulah masuk grup ini).
2. Skill nulisnya
(Karena itulah pengen diasah lagi lewat komunitas nulis, but untuk sementara fokus di sini dulu).
3. Menjaga kefokusan
(Nah, ini harus bener-bener masuk ke ruang hampa dulu. Narik diri dan membangun kesadaran bahwa setiap orang bisa membuat kita kecewa, namun itu bukan alasan kenapa kita harus terus tenggelam dalam kesengsaraan. Membangun apa yang kita yakini, harusnya jadi prioritas di fase ini).
4. Ketidakpercayaan diri / kadang minder sendiri (Emm, ini coba diatasi dengan komentar temen-temen yang suka).

Gimana? yang datas dibaca semua enggak? hehe "terimakasih terimakasih".

Yap teman-teman, Ulfah ikutan ODOP udah dari bacth 7 kemarin, seangkatan sama kang Azwar, harusnya. Karena beliau orangnya konsisten dan seneng belajar juga berbagi ilmu dan pengalaman, ditambah lagi pembawaannya yang hangat (bisa dilihat dari komen-komennya yang ciamik, renyah, dan bikin betah itu), sekarang ia menjadi salah satu PJ di squadron blog lho, kereeen. Bahkan jadi pengurus komunitas ODOP tahun ini.

Kembali ke laptop! (padahal nulisnya di hp wkwkwk)

Tujuan ngeblog tiap orang tentu beda-beda kan ya? tapi pola yang dipakai kurang lebih sama. Ada yang super duper global ada yang lebih mengerucut. Menurutku, semuanya sah-sah saja.

Oh iya, sebelum akhirnya memutuskan nulis inipun, aku dateng dulu tahu ke mbah google eh mbak google (karena kalo ngomong, suaranya malah cewe). Aku bertanya tentang "tujuan ngeblog", maka diantarkannya aku ke banyak tempat dan disitulah kulihat kakak-kakak seniorku (sengaja dipanggil gitu, serasa jadi maba lagi karena baru nyemplung di dunia blog ini). Setelah kuamati berbagai macam jawaban atas pertanyaan ini, maka secara garis besar tujuannya hampir sama, hanya saja dikemas dengan cara yang berbeda-beda. 

Odopers! aku ini tipikal orang yang gak berani ngemasukin pundi-pundi di daftar alasanku nulis di blog. Kalo memang nantinya ada, itu sih gak bakalan ditolak (eh ahahahhah). Ya pokoknya, tujuan kita ngeblog akan terus berkembang kok ke depannya. Bahkan, seperti niat yang bisa berganti persekian detik juga.

Nah, selama itu adalah hal yang baik dan bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain, juga mungkin agama, bangsa dan negara (duh udah kaya pidato ni), yaaa tentu jalani prosesnya. Enjoy di setiap pembelajaran kita merupakan bagian terpenting yang perlu kita ingat dan jalankan.

Melalui tulisan ini, kurasa kita sedang bercengkerama yaaa walau hanya bersua lewat kata demi kata yang tersaji di layar kaca.

Kau tahu? ini baru titik awal dari petualangan kita ke depan. 40 hari pertama insyaa allah kita bersama ODOP bacth 8, sementara 40 hari berikutnya semesta memberi kita banyak pilihan.

So, never give up!  

Hal-hal paling penting dalam hidup biasanya yang paling sering ditunda-tunda. Namun, mari menjadi pembeda dengan mulai merintisnya sedari sekarang, selama nafas masih leluasa berlalu lalang.

Terkhusus seluruh warga ODOP, terimakasih sudah bertemu untuk pertama kali di sudut hari. Bukan sekedar nama blog, bagiku, ini ruang bagi kita untuk saling menguatkan dan mengingatkan di tengah rutinitas panjang.

Sudahkah siap mewujudkan tujuan ngeblog versi kamu?

Blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja.          -KBBI-

Dewa mata... (sampai ketemu)
Maria Ulfah
Seorang partner belajar dan bloger. Sangat menyukai psikologi, motivasi, & pengembangan diri, juga sering bergelut dengan hati. Baru-baru ini menjadi kontributor antologi cerpen "Mengeja Patah, Merangkai Hati."

Related Posts

13 komentar

  1. Wah kayaknya kita ada kesamaan nih mbak, sama-sama suka nulis karena bisa mengekspresikan perasaan lebih tulisan :) Btw nulis emang sarana healing yang baik loh kak apalagi kalo perasaan lagi kadang gak karuan gitu, pengalaman pribadi nih hahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan laagiiii, pokonya kalo sehari gak nulis curhatan, berasa gak makan:*

      Makasih ya kak, udah sharing di sini.

      Hapus
  2. ‘mood nulis sangat-sangat dipengaruhi kestabilan perasaan pribadi’ samaa,.. mood turun naik tulisan ikutan turun naik hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang lelah juga, tapi kita diciptainnya dengan sensitifitas tinggi, pasti ada tujuannya.

      Ulfah sekarang lagi belajar mengelola emosi nih, gak enak kalo orang lain yang megang kendali atas kebahagiaan kita.

      Yuk ah, semangat ngodopnya♡

      Hapus
  3. kok bagus tulisannya ... wah sudah senior di literasi tapi masih imut ... πŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ€—πŸ€—
    iya ya jadi kepikiran kenapa kita ngeblog ... awal dipaksa ... karena ikut latihan ... tapi suka sich nulis ... ada yg koment ... bahasa yg digunakan kurang jurnalis 😣 eh berhenti dech ... lagipula sdh tak share kemana mana yang follow gak ada 🀣🀣🀣 akhirnya pokok aku nulis ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa Allah dibuat senyum-senyum sendiri karena ada yang panggil imut hihi.

      Duh enggak senior kok kak, bikin blog aja baru bulan kemaren.

      Dalam hidup kita pasti pernah di titik down. Tapi tenang, masalah penggunaan tata bahasa dan antek-anteknya insyaa Allah bakalan kita petik di sepanjang jalan kenangan (eh) di sepanjang proses kita ngodop maksudnya.

      Makasih ya kak udah cerita di sini. Btw, aku follower kakak lho... Lihat tulisan "BK" tadi, jadi kepengen cepet-cepet ngadopsi ilmunya.

      Hapus
  4. Aku nggak suka nulis, soalnya tulisanku jelek.
    Aku lebih suka mengetik.
    Tulisannya bagus, mungkin hanya kurang konsistensi.
    Semangat mbak. Kita satu perjuangan nih.

    BalasHapus
  5. Dalam benak ini menulis dan mengetik diartikan sama. Dasar aku...

    Terimakasih... Harus banyak belajar dari kakak-kakak semua. Betul, konsistensi masih jadi PR besar, semoga dengan aktivitas ngodop ke depan, masalah ini segera tertandaskan. Aaamiin.

    Siap, semangat!

    BalasHapus
  6. Sudah buat akun dari beberapa tahun yang lalu. Tetapi setiap buka laptop nge-blank mau nulis apa πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Makanya ikutan ODOP agar dimaksimalkan blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gitu yang dibuka jangan laptop, tapi......

      Yap, maksimal blognya maksimal nulisnya. Semangat!

      Makasih ya kak, udah mampir.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  7. Gak percaya diri kadang jadi alasan paling pertama untuk berhenti nulis, tapi takpe mari kita belajar bersama.. mksdnya ajarin aku kak~ 🀣

    BalasHapus
  8. Yaps begitulah, memulai sesuatu memang tak semudah membalikan telapak tangan... Keren ni semangat belajarnya uuuuu.

    Tak perlu minta ajarin kak, akupun bukan expert di bidang ini. Gimana kalo kita jadi partner belajar aja?

    BalasHapus

Posting Komentar