Tips Anti Boring Di Perjalanan

4 komentar

Tips Anti Boring di Perjalanan

Hallo every body!

Siapa ni yang di perjalanan boringnya kelewatan? Tenang, kamu nggak sendiri kok. Makanya kali ini, aku mau share tips anti boring di perjalanan, karena dulunya aku pun merasakan bete luar biasa sebelum kutemukan cara-cara ini. Apa saja? Simak yang dibawah yaa

Btw, cara-cara ini nggak 100% cocok. Tapi kalau kita banyak kesamaan, mungkin cocok banget yaa? (eh), hehe


5 Tips Anti Boring di Perjalanan: Saat di Dalam Kendaraan Roda Empat


1. Bercengkerama dengan Orang yang Membuat Kita Nyaman


Yups, yang pertama dan yang paling utama adalah bercengkerama. 

Dulu, aku sempat ada di fase saat masuk ke mobil, aku langsung "jep," yakni "diam seribu bahasa." Kulakukan itu karena tak suka atmosfer di dalam mobil. AC yang seharusnya membuat sejuk, malah membuatku mabuk. Pewangi yang seharusnya membuat nyaman dengan baunya, menusuk rongga hidungku sampai merangsang rasa mual yang luar biasa. Karena itulah, aku hampir tak bernafas saat di dalam mobil. Kututup hidung rapat-rapat. Kupakai masker dengan tali yang kuat. Tak kuijinkan aroma-aroma yang ada di dalamnya menerobos kenyamanan dan keamananku!!

Ahahahahah, itulah yang kurasakan dan kulakukan di dalam mobil yang tentu membuatku boring, bete, bahkan kesal. Hingga suatu saat, aku dipertemukan dengan seseorang yang membuatku nyaman. Tak disangka, di sepanjang perjalanan, kami bercengkerama tiada henti. Bahkan, tatkala sampai tujuan rasa-rasanya masih ingin di dalam, hihi. Masalah mabuk? Mual? Tak terasa sama sekali! Ia mengalihkan fokus hingga membuatku lupa bahwa ini sedang di mobil. Adakah yang punya pengalaman yang sama?


2. Melihat Pemandangan dari Kaca Depan


Siapa sih yang nggak suka lihat pemandangan cantik? Sebetulnya bukan masalah cantik atau nggak, yang pasti kita mengamati keadaan di luar. Kadang kala, boring nya kita itu karena tak ada yang kita pikirkan, sementara di sekeliling tak banyak rangsangan. Nah, tugas kita adalah mencarinya atau menciptakannya dulu. Salah satunya dengan melihat pemandangan dari kaca depan.

Kenapa nggak kaca yang pinggir sih? Kan sama aja? Mmm, aku pernah baca, untuk orang-orang yang punya sedikit masalah kesehatan saat menaiki kendaraan roda empat sebaiknya melihat ke depan supaya apa yang kita rasakan di dalam mobil sama seperti apa yang kita lihat. Hingga, kemungkinan mabuk perjalanan kecil banget.

Saat kecil, aku pernah berpikir bahwa:

Kok pohon bergerak? Kok laut ngikutin? Mmm, begitulah keadaan otak kita saat melihat ke samping di kala menaiki kendaraan. Pikiran seakan termanifulasi gitu. Yaaa, aku pribadi sih lebih cocok lihat ke depan. Memandang masa depan dengan penuh keyakinan!! eaaa, wkwk.

 

3. Mendengarkan Musik


Waaa, saat kita dihinggapi boring, bete, bad mood, dan teman-temannya, salah satu cara membunuh mereka adalah dengan mendengarkan musik. Bisa berupa lagu, instumen, (atau mungkin rekaman spesial). 

Enaknya sih si musik di putar di speker mobil, but kalo nggak memungkinkan masih bisa pake earphone. Pokonya jangan sampai kehabsan cara dan dibuat mati kutu karena sebuah situasi (ngingetin diri sendiri, hihi).

Eh, gimana dong list laguku kan belum banyak. Bosen juga... huft (cemberut). Santai aja, di masa kemajuan digital seperti saat ini akses mendapatkan lagu-lagu mudah banget kok. Gak percaya?

Ini beberapa aplikasi dan situs yang membantu banget buat ngisi play list di smartphone kita.

1) Spotify

Aku sempet pake spotify beberapa waktu lalu. Dan jujur, exited banget dengan fitur-fitur yang ditawarkan.

Tapi, kalau mau dengerin lagu secara offline kita harus masuk ke premium dulu. Iya, harus beralangganan dengan bayar gitu. Hmm sayang banget, karena hal inilah aplikasi yang satu ini perlahan-lahan lenyap keberadaannya di hpku. 
Maaf banget yaaa spotify, kamu belum cocok denganku. Rasa-rasanya kantongku bisa-bisa terus mengering karena nggak berhenti streaming. Maklum, saat dengerin musik bisa berjam-jam.

 

 2) Joox

Nggak beda jauh dengan spotify, apk musik yang satu ini bisa kamu coba. Btw, aku belum pernah pake sih. Tapi banyak temanku yang pake dan nyaman dengerin musik disini.

Noted: kalo mau dengerin musik secara offline tetap harus premium.


3) Siaran Radio

Hehe, ada yang engeh di kebanyakan smartphone ada radionya? Bahkan, di hp  mini yang non kamera pun apk radio masih tetap dihadirkan lho. 

Btw, aku pernah sahabatan sama radio. Sampai-sampai tiap jam sekian ketemuan deh sama dia. Apalagi, saat acara musik gitu. Seru! banyak banget list musik yang diputar. Bahkan, di sepanjang acara didominasi lagu yaaa, bukan iklan.

Hanya kelemahannya kita bisa dengerin spesifik lagu yang kita mau. Terkecuali dibuka request lagu di acara itu. Dan saat acaranya nggak ada. Yaaa harus sabar nunggu jadwalnya.

Ada yang masih setia dengan mendengarkan radio?


4) Bloetooth

Kalau ini sih, udah jadi tool permanen di hp kita yaa. Kecuali merk iphone kalau nggak salah. Kenapa bletooth dimasukin ke sini, karena ini salah satu media untuk berbagi. Lagu termasuk di dalamnya kan?

Nah, tool ini berguna banget saat kita nggak bisa berbagi via apk lain. Seperti WhatsApp, dll. Harus pakai kuita terus. Kalau ini, GRATIS.

But, tetap ada kekurangannya. Tool ini butuh kesabaran ekstra. Untuk ukuran file yang lumayan besar bisa memakan waktu yang cukup lama. 


5) Share it

Hihi, ada yang pasang apk ini? Ini aplikasi "kilat" menurutku. Bagaimana tidak? Cukup beberapa detik saja file gadjet kita bisa digandakan ke tempat lain dengan begitu mudah.


Kelebihannya tentu dari kecepatan pengirimannya tanpa perlu sambungan internet. Sementara kekurangannya sendiri, terletak pada pengirimannya harus ke share it lagi. Juga, lumayan memakan ruang. Kemudian, terdapat iklan yang muncul juga. Dan nggak semuanya bai adu duuuu.


6) www.y2mate.com

Nah, ini salah satu situs yang paling aku minati sampai detik ini. Bayangin aja, kita bisa mendownlod vidio apapun di youtube entah didownload sebagai vidio maupun audio. Kita juga bisa memilih ukuran filenya. Waaaaa, orang-orang yang hobi nostalgia, nggak boleh nggak ketemuan sama situs ini.


Aku sendiri penonton setia indonesian idol ni. Lagu-lagu yang dibawakan di lentas Indonesian Idol kebanyakan memang tak dijadikan lagu yang tersebar luas dan tersedia di aplikasi musik. Nah, dengan adanya y2mate ini, sungguh-sungguh membantu kita mendapatkan lagu-lagu favorit yang tak tersedia di tempat-tempat tadi. 


Slogan untuk situs ini  dariku adalah "kece baday!" 


Eh tapi, di sana banyak banget iklan lho. Pas kita mulai ngedownload, sebuah situs lain ikutan kebuka (jadi pen nutup muka), hehe. Mmm tapi masih bisa diterima kok. Kebayar sama hasil download-an yang kita pegang.


Gimana, dari 5 apk, tool, dan situs di atas, ada yang masih setia kamu pakai?


4. Ngemil

Yaps, untuk satu ini kayanya aku punya banyak teman niii. Siapa yng klau emana-mana gak bawa makanan? Siapa yang kalau kemana-mana nggak minum sedikut pun? Mungkin ada tapi hanya beberapa. Kebanyaka, pasti membawa atau mebeli bekal di perjalanan. Terkhusus, perjalanan jauh.


Nah, buat yang enek makan apapun saat di dalam mobil nasibnya gimana? Tenang tenang... aku punya teman ni. Mereka kuajak kalau pergi-pergi. "Selamat datang kaliaann!"


Permen minz
sumber gambar: tokopedia

Permen yang satu ini punya sensasi dingin-dingin gitu di mulut. Seperti namanya, permen ini berekstrak min yang bikin nafas kita segar. Bahkan, ketika aku sekolah dulu, teman-temanku memanggil dia "permen odol" atau "permen pasta gigi" marena warna dan sensasinya senada hehehe.


Dia cocok banget nemenin kita di perjalanan. Jangan biarkan rasa mual menguasai tubuh kita! Masalah harga? Ekonomis banget, beli eceran juga bisa kalau di warung-warung. Rp 500 dapat 2, 1000 dapat 5, hehe harga di tempatmu berapa?


Permen Jahe
sumber gambar: shopee

Nah, yang satu ini punya dengan ekstrak jahe dan beberapa varian herbal lainnya, sungguh unik di mulut kita. Dengan kandungan yang nggak main-main, disajikan dengan apik pula ke dalam bentuk permen. Cocok bamget buat yang sering keleyengan saat di mobil. Hangatnya, membuat tenggorokan lega. Dan badan semakin fit karena sugesti kita terhadap kandungan baik yang ada dalam ekstrak herbal tersebut. Khususnya jahe, karena aku paling suka viarian jahe. 


Didapatkan dimana? Kebanyakan di super market, tapi ada juga warung-warung dan toko yang sudah mengadopsi mereka. Mau tahu sensasi hangat dan rasanya yang unik juga super mengusir rasa mual? Coba yuk cari-cari dia di toko dan supermarket terdekat.


5. Dzikir

Di poin ini, aku tak bisa berkata-kata. Pada intinya rasa boring, bad mood, dan kawan-kawannya bisa dihempas jauh dengan begitu mudah kalau kota mengingat Maha Pencipta, Allah SWT.


Dzikir ini sendiri bisa dhohir maupun batin. Kalau dhohir, bisa memakai tangan, juga bisa memakai tasbih. Senyamannya kita aja. Yang paling penting tetap berdzikir karena sejatinya yang membuat hati tenang adalah dzikrullah.


***

Okay, itulah pembahasan kali ini yang ngaler ngidul tentang tips anti boring di perjalanan. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan!


See you~

Maria Ulfah
Seorang pembelajar sepanjang hayat yang menyukai Psikologi, Motivasi, dan Pengembangan Diri, juga sering bergelut dengan 'Hati'.

Related Posts

4 komentar

  1. Waaa setuju banget sama bagian ngemilnya, apalagi harus sedia permen nih biar nggak pahit mulutnya wkwk
    Boleh dicoba nih saran dan tips untuk situs download musiknya

    BalasHapus
  2. Semangat menulis kakaakk :)

    BalasHapus
  3. Aku juga kalo naik mobil kadang kadang sambil ngemut permen, biar gak pusing wkwkw

    BalasHapus
  4. Hwah aku mau nomor lima aja deh teh ulfah, biar eling selama perjalanan ya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email