disuduthari header

3 Kiat Sukses Blogging Ala Coach Blogspedia Coaching

4 komentar

 

3 Kiat Sukses Blogging Ala Coach Blogspedia Coaching
Blogging adalah aktivitas berkaitan dengan blog, updating blog dengan konten-konten yang berkualitas. – Coach Marita Ningtyas

Untukmu yang punya minat ngeblog tapi bingung bekalnya apa, 3 kiat sukses blogging ala coach Blogspedia Coaching ini semoga bisa menjawab. Kita akan kupas satu per satu, tak lupa redaksi aslinya pun sedikit disinggung di akhir.

3 Kiat Sukses Blogging Ala Coach Blogspedia Coaching

Agar sukses blogging atau biasa disebut ngeblog, kita perlu modal utama dalam melakukannya. Dari materi yang dishare coach Marita, ada tiga modal yang jangan sampai terlewatkan untuk siapapun yang mau mulai blogging, untuk siapapun yang  mau dan siap menjadi blogger. Tiga hal ini adalah sebagai berikut:


1. Passion

Kata ini sedang hangat-hangatnya menjadi buah bibir ya, sekelas dengan kata ghoshting*eh. Sudah banyak yang menjelaskan pengertiannya, walau tiap orang mendefiniskan untuk dirinya sendiri. 

Menurutku, passion ialah puncak gairah seseorang dalam aktivitas tertentu, ia melakukannya bukan di waktu luang saja, tetapi meluangkan waktu untuk itu.

Oh ya, perihal passion ada dua cara menjalankannya. Pertama cari tahu apa passion kita, lalu bekerja sesuai passion. Kedua, jadikan apapun pekerjaan kita sebagai passion. (Kanal Youtube Hutata)

Saat ngeblog, kita berdampingan dengan kegiatan-kegiatan rutin sampai kegiatan-kegiatan yang terbilang asing. Contohnya menggali ide, membuat konten, merancang outline, membuat ilustrasi sederhana untuk artikel, sampai menggodog mental dan pemahaman kita pada konteks tertentu.

Ini bisa menjadi hal yang menyenangkan, bisa pula menjadi hal yang menyeramkan. Ketahanan kita dalam prosesnya, menjadi salah satu ciri apakah passion kita di sana. So, mereka yang sukses blogging adalah mereka yang passionnya tertinggal di sana.

Agar bisa konsisten dan berkembang dalam ngeblog, skill memang dibutuhkan. Namun menumbuhkan passionate dan happiness while blogging juga tak kalah penting. – Coach Marita Ningtyas

2. Skill

Skill atau keterampilan menjadi modal yang sangat menunjang kelancaran blogging. Bahkan bukan hanya blogging, aktivitas apapun memang butuh yang satu ini. Soft skill dan hard skill bisa kita asah sedini mungkin, seorang expert pun tentu berawal dari pemula dulu. 

Skill blogging bisa dipelajari di banyak tempat, bisa juga dipelajari secara otodidak. Namun, buat kamu yang merasa tak siap dan takut jatuh apalagi lumpuh di tengah jalan, belajar bersama layak dicoba.

Sedikit cerita, saat ini aku pun sedang belajar skill blogging bareng teman-teman di kelas Blogspedia Coaching batc #2. Beberapa bulan ke depan tentu akan dihadapkan dengan istilah-istilah asing dan mencengangkan.

Maaf banget kemarin kurang ngasih info pendaftaraannya, next semoga kamu ketemu atmosfer yang tepat buat belajar ngeblog. Atau, kalau ada hal-hal yang membuatmu mengerutkan dahi perihal dunia blog, kusarankan intip konten di www.blogspedia.my.id, yaps.

3. Consistency

Bikin blog itu gampang, yang menantang itu konsisten update postingan! – Coach Marita Ningtyas

Poin ketiga ini paling nampar buatku. Huft, konsisten, lagi-lagi konsisten yang menjadi kunci keberhasilan. Kita tahu bersama, kelas pembelajaran tertentu maupun pendidikan formal ada batas waktunya.

Nah, setelah itu semua berakhir, sesuatu yang baru pun dimulai. Konsistensi kita diuji, apakah tenggelam di hari-hari tanpa arti? Ataukah berani mengarungi perubahan yang terjadi?

Blogger sukses terlihat konsistensinya. Ia membuat konten dengan kesungguhan dan punya jadwal khusus. Semalas-malasnya ia, tak lupa merawat rumahnya, ya blognya. Entah itu mengutak-atik tampilan, atau mengedit tulisan-tulisan sebelumnya yang belum sesuai.

Okay, itulah tiga kiat sukses blogging secara garis besar dari materi pemanasan di kelas Blogspedia Ccoaching Batch #2 yang kupahami. Lalu, seperti yang kusampaikan sebelumnya, di bawah ini disinggung sebagian redaksi aslinya sekaligus beberapa skill blogging yang dimaksud. 

Tips Lancar Blogging:

o Fokus
o Know what you do, do what you know
o Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama
o Learn under fire
o Build your personal branding
o Consistency

How to start blogging?

o Mulai dengan niat lillahi taala
o Berbagi inspirasi & manfaat
o Pilih platform yang sesuai
o Mulai nulis deh, posting dan publikasikan ke sosial media
o Gabung dengan komunitas blogger untuk mendapat info, ilmu dan teman-teman yang akan menguatkan konsistensi kita blogging.

Contoh komunitas blogger: ODOP Squad Blogger, BRT, Blogger Perempuan, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Gandjel Rel (Semarang & Jateng), Blogger Crony, ISB, dsb

9 Kemampuan Minimal Blogger

o Mengganti template (theme)
o Membuat halaman statis umumnya berisi halaman About, Sitemap, dan lain-lainnya.
o Memasang widget di sidebar.
o Memotong artikel agar yang terpampang di halaman depan hanya potongan-potongan artikel. Memasang gambar atau foto pada artikel.
o Memasang link pada anchor text tertentu.
o Memasang link pada gambar.
o Memasang banner di sidebar maupun pada badan artikel.
o Bermain di dashboard untuk membuat draft artikel beserta pernak-perniknya. source: http://www.abdulcholik.com/lombablog/blogger-profesional-dan-bermoral-keren-ih

Hm, sepertinya kebersamaan kita sampai di sini dulu. 3 kiat sukses blogging ala coach Blogspedia Coaching ini semoga bisa menjawab kegusaranmu.

Terima kasih dan sampai jumpa lagi
Maria Ulfah
Seorang partner belajar dan bloger. Sangat menyukai psikologi, motivasi, & pengembangan diri, juga sering bergelut dengan hati. Baru-baru ini menjadi kontributor antologi cerpen "Mengeja Patah, Merangkai Hati."

Related Posts

4 komentar

  1. Terima kasih sudah membuat resume yang kece mbak. Semoga bermanfaat dan keep blogging ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali coach ^^
      Alhamdulillah bermanfaat banget. Siap bismillah :D

      Hapus
  2. ini mah udah bener-bener blogger ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak seperti itu, Kak. Btw, temennya kang Yonal ya? Salam~

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email