Tentangku, Di Sudut Hari


Assalaamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Semangat pagi semuanya :D Sebelumnya, kuucapkan terima kasih sudah hadir di sudut hari. Terima kasih, untuk orang baik yang bersedia bercengkerama, mengapresiasi dan mengingatkan di serentetan perjalanan ini.


Tak ada hal yang paling mengesankan selain manisnya kebersamaan. Namun, rasa manis itu takkan muncul jika kita tak saling mengenal, saling mengerti dan memahami, juga saling memiliki (eh), hehe. So, mari kita berkenalan saat ini jugaaa. ♡


Siapa Maria Ulfah?

maria-ulfah

Tahun 2001, tepatnya tanggal 25 maret, adalah hari yang sakral bagiku. Tentu bagi orang tuaku pula. Lalu, setelah hari itu orangtuaku menyematkan nama Maria Ulfah sebagai tafaul dari nama qari'ah Indonesia yang menjuarai kompetisi di kancah internasional. Tapi apa mau dikata, telinga tak dibisa dibohongi tentunya. Setiap kali aku berlaga menjadi solois, ada saja yang memprotes, hehehe.


Menginjak usia remaja, guru favoritku di  pesantren mengartikan namaku dari bahasa Arab. Maria, berasal dari kata raa'a yang artinya melihat. Sedangkan Ulfah, memiliki arti kasih sayang. Maka Maria Ulfah bisa diartikan seseorang yang melihat/memandang/menyikapi sesuatu dengan kasih sayang atau setiap yang melihatnya merasakan kasih sayang. (Ehem) 


Selaras dengan kasih sayang yakni tak terlepas dari perasaan, hasil dari tes kepribadian MBTI mengkategorikanku sebagai seorang INFJ (Introvert iNtuition Feeling Judgement). Sementara dari kepribadian yang empat (sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis), aku cenderung melankolis dan plegmatis. Ahahahah cocok yaa antara nama dan kepribadian. Diri ini super mellow, sensitif, dan mudah baper (tutup muka ah). But aku percaya, semua isi semesta punya perannya masing-masing.


Memiliki hobi nulis diari - memo dsb, nostalgia, nonton drama korea, dengerin musik, baca puisi^nulis kata-kata puitis, corat-coret, ngaji-belajar sama guru favorit, ngepoin psikologi di medsos, lihat postingan yang jadi moodbooster di akun edukatif, baca buku^lihat vidio^ngobrol dan meraktekkin sesuatu yang ada unsur psikologi, motivasi, dan pengembangan diri nya, bercengkerama dengan orang yang disayang, dan masih banyak lagi.


Rumah di Palabuhanratu dan saat ini tinggal di salah satu pesantren yang ada di kabupaten Sukabumi untuk berkuliah dan mengaji di sana. Di masa inilah semuanya serasa baru dimulai. Memasuki fase dewasa muda/dewasa dini. Dimana pencarian dan penciptaan jati diri berbalut romantika kehidupan tiada hentinya menjadi bayang-bayang menakutkan. Maka dari itu, bersama melewatinya adalah langkah paling indah.


Kilas Perjalanannya Seperti Apa?

Membaca di bagian atas, tentu ada yang mulai bertanya-tanya, apa sih kegiatanku? Apa sih backround pendidikanku? Kok bisa banyak menyisipkan unsur psikologi ya?


Hehe, okay. Sedikit kuceritakan. Kegiatanku saat ini tentunya belajar dan terus belajar. Baik secara formal, informal, dan nonformal. Background pendidikanku di jurusan Hukum Ekonomi Syari'ah (HES). Eits, semakin bertanya-tanya dong, kok yang dibahasbukan pasal-pasal dan analitis yang tajam? Heuheu balik lagi, di samping fokus pendidikan formal yang kuambil, aku punya minat yang besar pada Psikologi.


Nah, dari ketertarikan inilah yang membutku belajar secara otodidak. Membaca buku terkait ini, mengikuti training dan coaching, dll. Mempelajari hal yang kita suka bukankah membuat bahagia? Namun bukan berarti semuanya lurus-lurus saja, tak jarang kerikil di jalan masih membuatku tersungkur habis-habisan. But, itu bukanlah alasan tuk berhenti.


Oh iya, topik yang paling kusuka adalah Psikologi, Motivasi, dan Pengembangan Diri. Walau tentunya aku juga suka pembahasan mengenai Hati. Hmm hayoo, ada yang bisa tebak arahnya kemana? wkwk.


Setelah kesana kemari melakukan tes kepribadian, akhirnya diri ini harus membuat sebuah kalimat yang mewakili nama Maria Ulfah. Maka, tanggal 03 Juli 2020, saat membaca buku Happy Love Guide di bagian pendeskripsikan diri, kutemukan kesimpulan bahwa "Aku adalah seorang visioner yang menitikberatkan pada pengembangan diri."


Lho kok? Iya, topik yang kusuka ini sebetulnya kebutuhanku juga. Aku sadar, masih jauh dari kata ideal. But, aku punya peta perjalanan pribadi bagaimana meniti langkah ini. Nah, dengan kita yang bercengkerama walau lewat layar digital saat ini, sejatinya perjalananku, perjalanan kita sedang dimulai.


Senang bermain dengan kata-kata sejak SLTP, lalu mulai mengukiti lomba membaca puisi, lomba pidato, lomba dakwah, LCC, dan lainnya hingga SLTA. Meski masih di lingkungan internal. Di masa kuliah, menjuarai lomba musikalisasi puisi di harlah PMII ke 62 yang diselenggarakan PC PMII Kabupaten Sukabumi. Tentunya ini memicu semangatku untuk terus berkarya ke depannya.

puisi-di-momen-perpisahan
Momen pembacaan puisi di acara perpisahan SLTA 2018

pamplet-pengumuman-pemenang-di-harlah-pmii
Hehe waktu itu aku tutupi fotoku (maafkan)


Dari ketertarikanku pada aspek pengembangan diri, sejak SLTP hingga saat ini, aku selalu tergabung dalam lingkaran organisasi sampai komunitas. Karena di sana kita bisa melangkah bersama menuju visi-misi yang disepakati. Inilah sederet aktivitas organisasi yang kugeluti dan fokus pendidikan yang kuambil.


1. Ketua OSIS MTs Miftahussa'adah Cileungsing KJ Cihurang - TP 2012/2013

2. Pengurus OSIS MTs Miftahussa'adah Cileungsing KJ Cihurang bidang Keagamaan - TP 2013/2014

3. Anggota KPO (tugasnya semacam KPK) - TP 2014/2015

4. Pengurus OSIS MA Miftahusa'adah Cileungsing staf bidang Kerohanian/Keagamaan - TP 2015/2016

5. Pengurus OSIS MA Miftahussa'adah Cileungsing ketua bidang Kerohian/Keagamaan - TP 2016/2017

7. Pengurus UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pers dan Media di STAI Al- Masthuriyah - TA 2018/2019

8. Anggota FDMI (Forum Dakwah Mahasiswa Islam) STAI Al-Masthuriyah - sejak 2018

9. Anggota PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam indonesia) STAI Al-Masthuriyah cabang kabupaten Sukabumi - sejak 2019 sampai sekarang

10. Pengurus SEMA (Senat Mahasiswa) STAI Al-Masthuriyah staf bidang III divisi Hukum dan Advokasi - TA 2019/2020

12. Pengurus SAN (Senyum Anak Nusantara) chapter Sukabumi divisi Public Relation 2019/2020

13. Pengurus MATAN (Mahasiswa Ahlith Thariqoh Al-mutabaroh an-Nahdliyah) STAI Al- Masthuriyah sebagai sekretaris - 2019/2020

14. Pengurus FDMI (Forum Dakwah Mahasiswa Islam) STAI Al-Masthuriyah divisi Pendidikan dan Kaderisasi - 2020 sampai sekarang

• Tercatat sebagai mahasiswa Hukum Ekonomi Syari'ah (HES)/Muamalah di STAI Al- Masthuriyah Sukabumi - sejak 2018 sampai sekarang

milad-fdmi
Bersama FDMI

kegiatan-sema
Salah satu kegiatan SEMA

kegiatan-teknik-lapangan-pmii-pk-stai-almasthuriyah
Bersama PMII

Sementara langkahku dibidang literasi dimulai kembali saat menjadi salah satu peserta Kelas Menulis Perpustakaan (KMP) kabupaten Sukabumi batch 2, lalu sedang merambah di komunitas menulis One Day One Post (ODOP) batch 8, dan sedang mengikuti Blogspedia Coaching, pelatihan soft skill dan hard skill di bidang Blogging. Aku pun tergabung di Blogger Sukabumi. Harapannya tentu apa yang kujalani saat ini, selain bermanfaat untukku tapi juga orang di sekelilingku.

kelas-menulis-perpustakaan-daerah-kabupaten-sukabumi
Bersama KMP 2

Boleh dijlelaskan Blog Di Sudut Hari dan Segala Hal Tentangnya?

Okay, akhirnya kita masuk ke pembahasan blog juga hehehe.


NICHE

Untuk saat ini, aku memilih niche gado-gado atau lifestyle. Bukan tak mau spesifik, namun kukira akan ada waktunya. Lagian sekarang masih ada tantangan dari komunitas ODOP, tentunya dengan tema yang sangat mungkin di luar dari niche spesifik.

Saat ini, akan kubiarkan diri untuk mengeksplorasi dengan alami. Seperti pengalaman Coach Blogspedia Coaching, Marita Ningtyas. Meski awalnya gado-gado, tetap ada kategori postingan yang paling banyak digunakan. Dan itu, cikal-bakal blog yang baru dengan niche spesifik. Uwwwuuu, subhaanallaah.


JUDUL

Di Sudut Hati | Ruang dan Waktu yang Memaut Kita

Awalnya akan:

• Ruang dan waktu teruntuk kita bertemu;

• Menyepi dan merasa

Namun, untuk yang pertama agak berat di pengucapan, sampai beberapa kali keseleo hehe. Sementara yang kedua kesannya terlalu sendu dan kurang tepat rasanya jika dipakai untuk sekarang, karena isi tulisan juga masih banyak yang bernuansa ceria.


TAGLINE

Menuju Versi Terbaik Kita - Tanpa Menafikan Rasa

Tadinya, mau sampai .... terbaik kita, tapi rasanya terlalu berat jika hanya berunsur motivasi, karena nyatanya diri ini masih menggugu Sang Hati. Ya sudah, untuk saat ini pemakaian "rasa" cukup mewadahi unsur ini. Ditambah lagi, tulisan yang benar-benar 'gue banget' (istilahnya Kak Marita Ningtyas), yaaa tulisan yang memang pengungkapan dari hati untuk seseorang atau kelompok tertentu. Juga isi blog didominasi label Seuntai Ekspresi dan Dari Hati yang mana menulis karena ada trigger khusus dan tentunya sangat melibatkan perasaan selain pengalaman dan lainnya.


META DESKRIPSI

A lifestyle blog of Maria Ulfah about heart and direction. 


Ini sudah beberapa kali diubah. Dan tentunya belum ketemu yang sreg. Semoga segera dipertemukan.  Do'ain yaa hihi.


LABEL/KATEGORI

1. Seuntai Ekspresi

2. Dari Hati

3. Titik Pembelajaran

4. Seputar Relationship

5. Psikologi Seru

6. Ngobrol Cantik

7. Arah Impian (belum)

8. ODOP


DOMAIN - SUB DOMAIN

Kalau sudah .com, insyaa Allah akan kusematkan namaku di sana. (www.mariaulfah.com)


Awalnya kurang PD, mungkin karena blognya belum berarah yaa. Setelah bikin coretan ini, rasanya semakin ringan bahu ini. Dulu juga maunya langsung nama sendiri, tapi pas bikin selalu saja tak tersedia. Alhasil, banting setir ke diksiku dan di sudut hari. Btw blog diksiku sudah dihapus setahun yang lalu. Yaps! Karena terlalu pahit untuk diingat. Duh duh, blog yang belum sempat kukenali, belum sempat kucintai, belum sempat kuperjuangkan. Jangan sampai Di Sudut Hari punya nasib yang sama hehehe.


WARNA

Setelah beberapa kali melihat-lihat warna, pada akhirnya kujatuhkan hati pada merah muda, biru muda, kuning, dan putih. Sebetulnya aku suka banyak warna. Terkadang, dipengaruhi situasi juga.


TEMPLATE

Berbicacara masalah template. Sangat mungkin ke depannya diganti. But, yang sekarang kupakai cukup membuatku nyaman berlama-lama di sini.


LOGO DAN HEADER

logo-disuduthari

header-disuduthari

Ini logo dan header kedua. Awalnya bukan ini. Maklum, belum terlalu lihai bermain desain. But, aku cukup senang dengan logo dan header yang sekarang.


Logo didominasi merah muda dan ditambah latar belakang bunga. Ini mengindikasikan tulisan yang kumuat saat ini banyak berisikan pengekspresian diri, dan kata-kata dari hati.


Header yang kupakai tak terlalu ramai. Yang pasti warna-warna pilihanku dimuat di sana. Topik inti di blogku ada. Serta tagline dan judul sudah muncul. Judul blog ini Di Sudut Hari | Ruang dan waktu yang memaut kita. Sementara taglinenya "Menuju Versi Terbaik Kita - Tanpa Menafikan Rasa"

***

Waa, alhamdulillah sudah ke penghujung ya. Seneng banget bisa bercengkerama membahas tentangku di sudut hari pada kesempatan kali ini. Kedepannya insyaa allah aku akan terus update postingan di blog ini. Menuju versi terbaik kita - tanpa menafikan rasa, termuat sebuah perjalanan panjang, yang tentu akan lebih ringan jika dilakukan bersama. Sudahkah siap? 

Bismillaah yaaa ♡

Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya~


Wassalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh 

11 komentar

  1. Hwah ternyata teh Ulfah kuliah di Al-masturiyah ya, abdi di Cibaraja.
    nanti kalau ke pelabuhan ratu mudah-mudahan tiasa silaturahmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hehehe. Mmm Cibaraja teh sebelum pasar yaa? Apa udahnya? Dulumah sering beli kupat tahu di daerah situ pami dipiwarang akang.

      Hehehe aamiin

      Hapus
  2. Maa syaa Allah masih muda banget ya hihihi jadi berasa tua nih :3 Judul blognya anak senja banget /eh apalah, soalnya mb Maria pinter banget sih bikin puisinya seneng deh 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang lebih muda. Yang kemarin jadi bintang kelahiran 2003 hihi. Yang penting jiwanya tetap jiwa muda, Kak~

      Sebetulnya lebih suka sunrise sih. But, setuju banget. Di sudut hari pas bikin vidio singkat awalnya sendu banget. Gak nyangka isinya warna-warni hehe.

      Aamiin.. Masih meraba-meraba

      Hapus
  3. Uwu keren nih, terarah dan tercatat sekali alur kehidupan mu teh hehe.
    Semangat yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe teteh pun.. Beda cara aja kita~
      Iyaaa.. Semangaaat

      Hapus
  4. Waaa, masih muda tapi inspiratif sekali Mba Ulfah, ditunggu postingan selanjutnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin. Waa ada Kakak, seneng deh ^^
      Siap dan terima kasih, hehe

      Hapus
  5. Aku tuh selalu penasaran dengan yang namanya maria ulfa,soalnya banyak temen virtualku yang namanya maria ulfa hehehe
    Waah psikologi ya,kata temen2ku juga aku cocok di psikologi,suka banget sama psikologi,tp krm ga masuk jurusan psikologi,jadi deh masuk teknik sipil,setelah bayar uang bangunan dll eh dateng surat penerimaan mahasiswa psikologi,ngenes ga sih? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adu duu.. iya, dulu juga Ulfah pas tes ambil Psikologi. But, belum ada namaku di sana, hehehe. Eh, udah masuk kuliah ada teman bapa yang bilang. Ooo mau kuliah di sana? bukannya bilang..

      Hehe agak ngenes sih, tapi berusaha untuk ambil sisi baiknya, ngusap dada, dan terus jalanin ^^

      Semangat buat kita.. walau bukan di jurusan Psikologi, tapi cinta sama ilmu yang satu ini ♡

      Hapus
  6. Sekalipun esok hari langit akan runtuh, keadilan harus tetap ditegakan :)

    Rahayu, bahagia selalu, ia hanya berada pada hati kita, kejujuran apa adanya pada kehidupan. Bukan pada benda-benda apapun di sekitar kita :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email